Pesantren city

alam yang indah akan tercipta dengan hati yang suci

Sejarah Dusun Pesantren (Pesantren city)



Pesantren adalah suatu Dusun yang penuh kedamaian dan penuh ketenangan, yang diselubungi oleh alam yang indah dan pemandangan sawah yang asri, disana terdapat banyak sekali santri atau para pemuda pesantren yang padai mengaji dan rajin beribadah. Bukan hanya para pemudanya saja yang padai mengaji tetapi para orang tua atau orang yang tertua yang tak kalah pandainya dengan pemudanya.
Dusun ini dulunya adalah hutan yang lebat dan banyak sekali binatang-binatang buas dan berkat adanya 2 orang yang bernama mbah mertojoyo dan mbah kartopawiro Mereka mengorbankan tenaganya untuk menebang hutan (membabat hutan) yang lebat itu untuk di jadikan tempat tinggal, pada awalnya ditempati beberapa rumah saja tapi lambat laun menjadi banyak rumah, merekalah yang berjasa besar untuk keberadaan dusun pesantren ini, oleh karena itu masyarakat pesantren selalu memperingati hari wafat mereka dangan menggelar syukuran atau yang biasa disebut dengan pesta nyadran tapi tidak hanya itu saja, mereka juga menggelar seni pertunjukkan yang disukai oleh mereka(sesepuh) pada masa mereka(sesepuh) masih hidup. Di masa hidupnya mereka sangat menyukai  pertunjukkan seni wayang, oleh karena itu sampai saat sekarang masyarakat memperingatinya.

Mengapa dusun itu dinamakan Dusun pesantren?


Karena dulu kala di dusun itu terdapat sebuah pondok yang di dirikan oleh kiai munshorif dan kiai itu terkenal tukang santet tenun dan macam-macam. Di pondok tersebut terdapat banyak sekali santri yang mengaji dan sebagian besar santrinya adalah penduduk setempat, Di pondok itulah masyarakat belajar mengaji, dan yang paling mencolok dari kebiasaan atau kegiatan rutinitas masyarakat pesantren yaitu mengaji,mengaji dan mengaji sampai-sampai mereka semua tidak ada yang bekerja, mereka hanya mempemperdalam ilmu agama. Dan mereka hanya mengandalkan panggilan ngaji atau pengajian dari desa tetangga untuk menghidupi keluarganya. Dan banyak sekali tetangga dusun  menyebut daerah tersebut sebagai dusun pesantren karena banyak sekali santri yang ada di sana.



















Apakah dusun itu?



Dalam wilayah desa dapat dibagi atas dusun atau padukuhan , yang merupakan bagian wilayah kerja pemerintahan desa dan ditetapkan dengan peraturan desa.















Santet tenun: yaitu ilmu hitam yang tidak mencederai orang yang dianggap musuhnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Peta Kediri